Cara menghapus program yang tidak bisa diuninstal

Kali ini saya akan share tentang bagaimana cara menghapus program atau software yang tidak bisa diuninstal melalui sistem uninstal (Control Panel). Biasanya keadaan ini terjadi apabila kita tidak tuntas dalam menginstal suatu program, mungkin karena baterai low, membatalkan proses penginstalan secara tiba-tiba dan sebagainya yang tidak sesuai dengan prosedur yang benar.

Biasanya setelah kejadian di atas, akan muncul masalah baru yaitu program yang tadinya tidak tuntas diinstal akhirnya tidak dapat diinstal kembali ataupun tidak dapat diuninstal. Berikut ini cara mengatasi problem di atas:

  • Klik start lalu pilih run. (Cara memunculkan run di Start Menu Windows 7)
  • Ketik regedit pada kotak run.
  • Akan muncul kotak dialog Registry Editor
  • Pilih: HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows/currentVersion/Uninstall
  • Di dalamnya terdapat semua program yang terinstal di komputer Anda. 
  • Yang harus Anda lakukan tinggal mencari program yang ingin dihapus/uninstal lalu klik kanan dan pilih delete untuk menghapusnya. 
  • Sebaiknya restart dulu komputer Anda, lalu cek kembali pada Control Panel apakah program yang tadi dihapus melalui Registry Editor sudah tidak ada lagi. Apabila tidak ada, artinya program tersebut telah berhasil diuninstal.
Cara menghapus program yang tidak bisa diuninstal

Semoga membantu.


Klik +1 dan like bila artikel di atas bermanfaat :)


Protected by Copyscape Plagiarism Scanner DMCA.com
Dilarang sembarangan copypaste! Baca aturannya di sini!

64 comments:

mas cara ini sudah saya lakukan berkali kali ... tetapi program ini tettap muncul kembali ( nama program spyhunter 4) .
cara 1 : add remove ( sudah dicuba berulang ulang = tetap program ini kembali
cara 2 : masuk program file = sama ajah
cara 3 : seperti caranya mas ini yaitu masuk haykey lokal mesin : software ... eeeeh masih muncul lagi kenapa mas ?
tolong dunk sampai jengkel nih sama program ini ( padahal nggak bole ya )
terima kasih ;

Makasih sob,ini sangat membantu

aku mau ngeuninstal tweetdeck, tp kog d registry gak muncul ya gan, kira2 kenapa??? please help :(

@Lee ChaeRin: Apakah yang dimaksud di langkah ke-3 di atas (Kotak dialog Registry Editor) yang tidak muncul? Kalau yang dimaksud begitu, kemungkinan besar laptop/PC Anda sedang terinfeksi virus, dimana virus tersebut telah menginfeksi perintah regedit Anda sehingga tidak muncul saat diketik pada langkah ke-2 di atas.

gan aku malah filenya ngak ada di tempat yang agan bilang tapi adanya di
HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE
apa sama aja lansung delet atau gmn?

@Anonim: iya sama saja, langsung hapus saja yang ada di HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows/currentVersion/Uninstall

makasi banyak sob....atas infonya ...berkat infonya aka dah bisa hapus software kings translate....salam kenal yo...

filenya ga ada juga gimana dong :(

makasih banyak gan .. infonya sangat membantu sekali

@teknik otomotif SMK Ma'arif NU Tonjong: saya pernah googling tentang software spy hunter dan ternyata saya juga tidak menemukan cara untuk menguninstalnya. Cara terakhir hanya dengan menginstal kembali windows agan. Atau saran saya, coba matikan saja di msconfig pada tab services dan startup. Biar tidak jalan lagi saat direstart. Semoga bisa membantu.

@Harso Adjie Broto: coba buka instalnya, kalau ada pilihan "Modife/Repair/Uninstall", bisa juga diuninstal lewat situ gan..

loh kok gak ada gan punyaku setelah ku cek seperti diatas gak ada tampil programnya,,
terus saya cek dicontril panel ada tuh program yang mau ku hapus,, ukuran 4GB GUITAR HERO III gak bisa dihapus gan???? mohon pemberitahuannya lebih lanjut???

@Ahmad yani: kalau tidak bisa dengan cara di atas, coba buka instal Guitar Hero nya, lalu kalau ada pilihan "Modife/Repair/Uninstall", pilih Uninstall gan..

mas saya sudah melakukan sesuai yang disarankan... tapi pas saya lihat di program file masih ada data aplikasinya... apakah aplikasi yang saya hapus ini hanya ilang di uninstall saja sedangkan di program filenya masih ada? bukannya kalo meng uninstall aplikasi di program filenya juga ilang ya?? oh ya aplikasi yang saya gunakan adalah bluestack

@Niken Itnaning Ayu Prameswari: coba mba cek dulu yang di program file nya, isi dari folder bluestack masih ada programnya atau tidak? Biasanya saat menguninstal, folder nya tidak terhapus dan beberapa file yang tidak begitu berarti atau biasanya disebut "sampah" dari program tersebut. Kalau memang hanya tersisa demikian, mba bisa hapus manual saja folder tersebut.

Mas gak bisa mas..
ada cara yang lain gak?

@Harga Laptop Acer: coba baca komentar-komentar di atas dan jawabannya, sapa tau sama dengan permasalahan Anda.

tengkyu infonya....langsung praktek dan berhasiiiilllll....yeaahh...siippp...

saya punya masalah dengan uninstall caesar.. jadi setiap kali start komputer selalu tampil kotak dialog uninstall caesar, lokasi file c:\windows\installer\7b119.msi, tapi saya buka di windows explore, lokasi file tsb tidak ada. saya pake revo uninstaller jg ga mempan, pake ccleaner jg sama aja. masih tetap ga membantu. saya mau coba cara yang bang ilyas berikan, tapi takut salah :D , pertanyaannya :
1. jika program yang ada di control panel beda dengan yang di registry (ada bebrapa program yang tidak ada di control panel, tapi ternyata ada di registry, apakah bisa langsung di hapus saja yang di registry tersebut?
2. bagaimana cara menghapus file/program uninstall yang bandel itu?
terimakasih

bang ilyas, saya punya masalah, tidak bisa uninstall caesar II 5.10, jadi setiap kali menghidupkan komputer selalu tampil kotak dialog windows installer.....
nama file dan lokasi filenya di c:\windows\installer\7b119.msi
sudah saya coba pake ccleaner dan revo uninstaller tetap aja ga bisa.
saya cek seperti saran bang ilyas, memang ada beda antara yang di control panel-install program dengan yang di HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows/currentVersion/Uninstall.
yang mana yang harus di hapus yah?
terima kasih

@welly: tidak usah takut gan.. pakai cara di atas saja karna berhubung file nya tidak terdapat di Drive C agan..

@welly (anonim): hapus saja yang bertuliskan program caesar tersebut dengan cara yang saya tuliskan di atas..

bos saya udah menjalankan langkah - langkah diatas , emang sih mau hilang dibagian uninstall program di control panel, tapi abis saya reboot laptop , itu program masih bisa jalan , itu kenapa ? program nya namanya vmware

Gimana klo ga ada key-nya di regedit. Saya ada game yang ga ada uninstallernya sama key-nya. itu gimana? apa harus di install ulang, biar terhapus semua?
Mohon bantuannya. Thanks...

yang admin mantap gan,, sangat bermanfaat bagi saya.. jempol buat agan (y)

@anonim: program tersebut jalan di belakang desktop, bisa dimatikan saja di run > msconfig > starup. Biar tidak jalan lagi setelah di restart. Semoga berhasil gan.

Tengkyu gan... sangat bermanfaat

Makasih gan ilmunya,,, di coba dulu :)

Kalo mau menghapus extension yang ada di google chrome, gimana ya ? sudah saya hapus dr chrome, tp setelah program ditutup dan dibuka lg, extensionnya muncul kembali, dan di control panel tidak ada

Terima kasih gan,,sofware sudah bisa di uninstal

Makasih bg infonya membantu...

@Archicad maaf gan saya tidak bahas soal extension google chrome di artikel ini :)

Terima kasih gan sesuai drngan yg saya harapkan,,,,

makasih banyak gan buat infonya,, sangat bermanfaat dan membatu sekali.. good job !!

http://goo.gl/TpjHMX

hapus program ini berapa lama min?

infonya sangat membantu, thanks

sudah dihapus tapi masuk lagi kenapa ya

informasinya bagus sekali, trims ya

gan help me dong mau un istal file bernama QQPCtray tau gaa gmna cara nya..

toko tas korea: masuk lagi gimana gan?

Rizky agus: file nya berarti sudah diinfeksi virus gan

well done. thank u for share this information

kalo program yang dicari tidak ada di situ giman..??

Jika masih ada bagaimana caranya gan?

bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

tetap gx bsa gan... mnta solusinya donk

saya mau menghapus king translate, tapi di registry editor kok file nya nggak ada ya. gimana ini gan? terimakasih :)

mas file nya kok nggak ada di registry yaa

unistal sudah bisa boss, sudah berhasil makasih tulisannya

kasus yg sama,,dan bahkan aplikasi yg baru kita instal juga hilang kembali,seolah tidak melakukan apa2...maaf barangkali punya solusi...terimakasih

tetep gak bisa di apus nih om.

mas ada satu aplikasi bandel banget nama aplikasi nya saver 2.0, searching di internet ga ada nama aplikasi kaya gitu, udah hampir semua cara sampe pake antivirus buat unninstall tu aplikasi, eh malah muncul terus, gimana ya mas ?

gan saya kemarin instal facebook game arcade, karena filenya terlalu besar saya cancel, tetapi, aplikasinya ttp mendownload, pdhl sya tidak buka browser aplgi internetan, kuota sya habis krn itu, tlong solusinya gan

laptop saya tiba2 muncul chromonium setelah saya instal game. programnya langsung muncul pas laptop di idupin. sudah saya coba buat uninstal programnya, dan sudah kagak ada lagi di regedit tapi tuh program masih dengan bandelnya nongol selalu pas laptop baru nyala. astagahh kadung sebel saya uninstal deh gamenya. ehh lhadalahh masih juga kagak ilang2! musti diapain nih gan?

Anonymous: coba buka pengaturan gamenya, mungkin ada pengaturan yang bisa mematikan notifikasi di starup nya. atau coba matikan di msconfig bagian starup. semoga bermanfaat :)

selamat malam, saya mendapat masalah mohon bantuannya. saya memakai browser firefox 40 di win xp. setelah beberapa lama, tiba-tiba ada terinstal lagi firefox dengan versi yang sama namun lebih berat dan mengganggu firefox yang saya instal dan gunakan, sehingga ada 2 firefox 40 di disk saya
1. di (g:/program files/ mozilla firefox/) adalah yang saya instal dan ada di daftar program
2. di(G:/program files/firefox/) yang terinstal sendiri, tidak ada di daftar program atau di regedit. beberapa kali saya coba hapus langsung tapi setelah beberapa hari akan muncul lagi. mohon bantuannya untuk menyingkirkan firefox yang ke 2, terimakasih.
PS. sering juga program2 lain yang tidak saya kenali terinstal seperti amulec.exe dll. namun tidak terbaca sebagai unwanted program di yac saya. mohon bantuannya

bg sya sdh msuk pada directory unistall,tapi nama aplikasi yg akan sya unistall tdk ad sma sekli/tdk mncul...
nah,cara lainnya gmana bg????

Post a Comment

[ Gunakan Kotak Komentar Popup untuk Berkomentar ]

Dilarang keras meninggalkan komentar SPAM. Baca aturan di blog ini di sini. Pertanyaan yang mengandung pertanyaan yang berkaitan dengan artikel di atas akan saya balas. Terima kasih.